Asrinya Lingkungan Rumahku, Sumber Inspirasiku


Asrinya Cluster Stamford. Fotografer : Lintang R Ardiona

Because I no longer know where home is ( Home Sick, Kings of Convience).

SEJAUH apa pun kita pergi, rumah adalah tempat yang selalu kita kangeni. Lirik lagi Kings of Convience itu melukiskan betapa berharganya arti sebuah rumah. 

Michael Buble juga pernah menembangkan lagu yang bercerita tentang rumah. Liriknya manis sekali dan sukses bikin baper ;

Another aeroplane
Another sunny place
I’m lucky, I know
But I wanna go home
Mmmm, i’ve got to the home
Let me go home
I’m just too far from where you are
I wanna come home
And I feel just like i’m living someone else’s life
It’s like I just stepped outside
When everything was going right
And I know just why you could not
Come along with me
This was not your dream
But you alqaws believed in me

Meresapi lirik puitis di atas, jelas terdeskripsikan detil betapa rasa kangen pada rumah begitu tumpah ruah.

Eitt! Tapi rumah yang seperti apa dulu nih yang memiliki tempat di hati para penghuninya dan siapa pun yang pernah tinggal di tempat tersebut?

Tentunya, rumah yang  memiliki kenangan menyenangkan bukan? Bisa jadi karena di rumah tersebut pernah ada momen-momen membahagiakan terjadi. Misalnya, sebagai tempat kumpul keluarga setiap tahun atau menjadi tempat merayakan hari-hari penting dalam hidup ; ulang tahun, pernikahan, dsb.

Tapi ada kemungkinan pula, rumah itu menjadi tempat yang dikangeni karena keasrian lingkungannya yang membuat orang betah tinggal.

Siapa sih yang tak ingin memiliki rumah asri, nyaman dan aman? Tentu, siapa saja pasti mengacungkan tangan tinggi-tinggi. Ya, punya hunian adalah impian besar setiap orang. Tak terkecuali saya dong!

Saking bermaknanya arti memiliki rumah, maka tak sedikit orang yang perlu perjuangan dan pengorbanan untuk mewujudkan impian memiliki rumah. Rela bekerja lebih mengumpulkan pundi-pundi rupiah demi sebuah rumah.

Rumah tidak hanya sebagai tempat berteduh, tetapi seharusnya mampu menjadi tempat inspiratif yang selalu dirindukan oleh penghuninya. Setuju ya?

Pulang kerja setelah penat seharian berjibaku dengan rutinitas di kantor atau tempat usaha, kembali ke rumah adalah hal yang dinanti-nantikan. Tidak hanya bertemu dengan anggota keluarga yang memberi makna pada hidup, tetapi juga kembali pada rumah tempat di mana semua kenyamanan dan ketrentraman bersumber. Rumahku istanaku.

Sejak lama saya membayangkan memiliki rumah sendiri yang cantik, nyaman, dan aman. Pepohonan asri nan rindang tumbuh di sekitar rumah, menjadi sumber oksigen yang menyegarkan. Semua tentu paham, bahwa saat-saat sekarang udara kita sudah terkontaminasi polusi ; asap kendaraan bermotor, sisa gas buangan dari industri sudah meracuni tubuh kita. Maka, salah satu cara untuk mendapatkan udara bersih adalah dari lingkungan hunian kita.


Peace in harmony. Fotografer : Lintang R Ardiona

Sebagai pecinta baca dan menulis, saya juga mendambakan memiliki sebuah ruang sebagai perpustakaan mini yang bisa diakses siapa saja. Ruangan dengan pintu dan jendela lebar menghadap ke taman mini dengan gemericik air tentu pas sebagai tempat untuk melahap buku-buku. Sekejab saja, inspirasi akan lancar mengalir seperti air sungai. Jika ingin suasana berbeda, saya bisa pindah tempat ke taman kecil di seberang rumah.

Hmmm, sepertinya tidak mudah ya untuk mendapatkan rumah impian yang sempurna seperti angan-angan kita.

Eh, tapi bukankah tak ada yang mustahil di dunia ini kan ya?

Akhir pekan lalu, tepatnya Minggu (17/9), saya sempat jalan-jalan mengelilingi kawasan hunian CitraHarmoni Sidoarjo. 

Gerbang Cluster Stamford. Fotografer : Lintang R Ardiona


                Matahari sedang terik-teriknya saat saya berkunjung ke sana. Tapi, suasana teduh, asri dan hijau menyitir ucapan Syahrini,  justru ”terpampang nyata” saat melintasi kawasan Cluster Stamford. Anak-anak kecil riang bermain bola dinaungi pohon-pohon rindang di taman yang terletak di tengah jalan kembar tersebut.


Masa kecil yang indah. Fotografer : Lintang R Ardiona

  Beberapa di antara mereka asyik pula bermain ayunan dan perosotan. Ya, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut tersedia beragam permainan yang bisa digunakan oleh penghuni perumahan. Saya sempat beristirahat dan menikmati pemandangan hijau. Sungguh  beruntung, para warga di komplek ini, mereka tak perlu jauh-jauh piknik jika butuh suasana segar, asri nan hijau. Suara cericit burung terdengar bersahut-sahutan. Ow ow, sekawanan burung itu rupanya bertengger di dahan-dahan pohon yang berbaris rapi di sepanjang cluster.


Numpang ngadem di taman Cluster Stamford. Pohon-pohon rindang mengantarkan kesejukan. Fotografer : Lintang R Ardiona


Bersantai di taman. Fotografer : Lintang R Ardiona

Sekilas mata memandang, deretan rumah di kawasan tersebut tertata apik dan hijau dengan desain bangunan fungsional.

Kita semua tahu, saat ini sungguh tidak mudah mencari udara bersih. Banyak orang rela pergi liburan jauh-jauh ke hutan atau gunung untuk menghirup oksigen yang tidak terkontaminasi polusi. Tapi, di Citra Harmoni Sidoarjo, cukup melangkahkan kaki ke RTH yang tersedia di setiap cluster, udara bersih bisa kita hirup sepuasnya.

         Pantas saja, menurut informasi yang saya baca CitraHarmoni merupakan manifestasi kehidupan yang elegan dan nyaman. Sebuah harmoni sempurna antara kawasan hunian, relaksasi, komersial dan ruang hijau terbuka yang mencitrakan atmosfer yang kaya dan menenangkan. 

        Saya langsung jatuh hati dengan keasrian Cluster Stamford. Langsung saya cek brosur dari Mbak Nia, salah satu staf marketing Citra Harmoni Sidoarjo. Rupanya, ada dua pilihan bangunan ; berlantai satu dan dua. 

Ada empat tipe yang ditawarkan, yaitu ;

1. Kingstone, LB/LT 36/90 (7.5 x 12)
2. Danelaw, LB/LT 61/96 (8 x 12)
3. Rutland, LB/LT 68/135 (9 x 15)
4. Oxford, LB/LT 69/96 (8 x12)

Harga yang ditawarkan mulai Rp. 698,000,000 dengan KPR DP 5% 10 X dan cicilan mulai 4 jutaan. Rasanya, harga yang sebanding untuk sebuah hunian dengan lingkungan nyaman. Saat saya jalan-jalan ke sana, sejumlah rumah baru sedang dalam pengerjaan. 

Setelah puas menikmati kesejukan di Cluster Stamford, saya bergeser ke kawasan Riverside. 


Selamat datang di Cluster Riverside. Fotografer : Lintang R Ardiona

    Gemericik air dari kolam buatan yang diisi ratusan ikan koi dengan taman yang hijau langsung menyapa di cluster bernuansa Jepang ini. Sebuah jembatan kecil dan gazebo memercantik fasilitas umum. Cocok buat penghuni cluster yang demen foto-foto sekaligus mencari inspirasi. Tak perlu jauh-jauh cari lokasi buat berselfie. Cukup di depan rumah saja. Hehehehe.



Buka pintu depan menghadap taman cantik. Fotografer : Lintang R Ardiona


Jembatan inspiratif di Cluster Riverside. Fotografer : Agoes Priadi

Ada empat tipe yang ditawarkan di cluster ini, yaitu ;
            
1. Agano A/B, LB/LT 36/90 (7.5 x 12)
2. Jinzu DX, LB/LT 63/96 (8 x 12)
3. Jinzu SX, LB/LT 69/96 (8 x 12)
4. Shinano, LB/LT 91/132 ( 8 x 16.5)

Sedangkan harganya mulai Rp. 736,000,000 dengan KPR DP 5% 10 X dan cicilan mulai 4 jutaan. 

Saya menjelajah lagi ke Cluster Greenville yang juga tak kalah ijo royo-royo. Khusus di cluster ini hanya ada dua tipe yang disediakan yakni The Burswood (1 lantai)  dengan LB/LT 68/135 (9 x 15) dan The Snowdonia (2 lantai) dengan LB/LT 105/180 (10 x 18).



Ijo royo-royo di Cluster Greenville. Fotografer : Agoes Priadi


O iya, ini penting sekali diketahui, bangunan di perumahan ini dibuat dari bahan-bahan pilihan ; struktur bangunan bertulang, dengan pondasi batu kali, dinding dengan batu bata ringan, finish cat facade depan batu alam. Lalu, atap menggunakan rangka galvalum, genteng beton flat warna dag beton dan plafon rangka metal furing menggunakan penutup gypsum board.

Untuk kusen pintu, bangunan di Citra Harmoni Sidoarjo menggunakan alumunium dengan daun pintu dobel multiplek yang dilengkapi pivot khusus untuk pintu kamar.

Sanitairnya menggunakan monoblok kualitas ekspor dengan instalasi air bersih dari PDAM. Sedangkan  instalasi air kotor menggunakan pipa PVC/setara dan septic tank fibre.

Kemudian untuk listrik menggunakan daya 1300 watt. Rasa-rasanya semua kriteria ideal bangunan rumah ramah lingkungan terpenuhi.


Bangunan kokoh dan ramah lingkungan. Fotografer : Lintang R Ardiona


 Duh! Bicara rumah, jadi teringat pesan orang-orang tua dahulu. Bahwa kalau membeli rumah, jangan lupa selain lingkungan kondusif juga perlu memerhatikan keamanan dan dekat dengan bila ingin ke mana-mana.

 Saat saya berkeliling dari satu cluster ke cluster lain, security perumahan siaga di setiap gerbang cluster memeriksa siapa pun yang keluar masuk. Membuat para penghuni perumahan merasa aman. Para petugas keamanan ini juga rajin berpatroli keliling perumahan. Hmm, bukankah selain kenyamanan dan ketentraman, kita juga membutuhkan rasa aman, bukan?

STOP!  Foto : RanselMbakYeye


Nah, di Citra Harmoni Sidoarjo juga tersedia fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sejumlah bank berdekatan dengan swalayan Avan. Sejumlah depot dan tempat jajan juga tersedia tinggal pilih.


Fasilitas ATM sejumlah bank di CitraHarmoni Sidoarjo. Fotografer : Agoes Priadi

    Lalu, ada pula Water Park yang bisa menjadi tempat pilihan untuk piknik bersama keluarga. Fasilitas pendidikan juga tersedia, seperti TK Mutiara Bunda, bagi orangtua yang menginginkan anaknya belajar ngaji, ada juga Taman Pendidikan Al-qur’an yang berada di dalam areal Masjid Citra Harmoni. 



Masjid Citra Harmoni. Foto : RanselMbakYeye




TK Mutiara Bunda di dalam Perumahan Citra Harmoni Sidoarjo. Fotografer : Lintang R Ardiona

Tempat ibadah gereja juga tersedia sehingga memudahkan penghuni perumahan untuk beribadat. Perumahan ini juga menyediakan Royal Hall bagi warga yang akan menggelar hajatan.



Gedung Pertemuan Royal Hall. Fotografer : Lintang R Ardiona

Lokasi  CitraHarmoni Sidoarjo juga stategis. Betapa tidak, keluar area perumahan ini sudah jalur utama menuju Kota Surabaya dan Sidoarjo. Akses ke bandara Juanda dan Terminal Purabaya juga dekat. Sehingga bagi pebinis, memiliki rumah di Citra Harmoni Sidoarjo adalah keuntungan. Rumah Sakit, pusat perbelanjaan dan pasar tradisional juga bisa ditempuh tidak terlalu jauh dari Citra Harmoni Sidoarjo. 

         Gerbang utama terlihat mencolok di tepi jalan raya utama. Sehingga, memudahkan sekali bagi siapa saja yang hendak menuju ke perumahan ini. 


Gerbang CitraHarmoni berdiri gagah. Fotografer : Agoes Priadi

Wah, lengkap banget ya Citra Harmoni Sidoarjo ini. Lingkungan perumahan hijau nan permai, nyaman dan aman. Lokasi strategis dan dekat pusat kota dan fasilitas-fasilitas penting. Pantas untuk dimiliki sebagai hunian pribadi maupun  investasi. 



Berbincang di depan rumah yang rindang di Greenville. Fotografer : Lintang R Ardiona



Comments

  1. Liputan ini deskriptif dan informatif,hunian mandiri di tengah kota dengan mengusung kombinasi arsitektur modern dan klasik dengan segala fasilitas didalamnya,juga hunian yg nyaman dan ramah lingkungan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ke Bali Naik Kereta Api

Bekerja dengan Cinta, Bekerja dengan Bahagia

Kulineran Ikan Dorang